Senin, 23 September 2013

From Zero to Hero


     Abraham Lincoln merupakan tokoh yang sangat luar biasa. Abraham Lincoln adalah seorang tokoh yang terkenal sebagai pelopor penghapus perbudakan. Abraham Lincoln pernah menjadi seorang pemotong besi yang akan digunakan untuk rel kereta api, ia juga pernah menjadi penjaga toko, pengantar surat, nahkoda kapal, Abraham Lincoln bukan sosok yang berasal dari keluarga kaya atau pun bangsawan. Abraham Lincoln bukanlah orang yang berasal dari keluarga berada apalagi bangsawan. Kedaaan Abraham Lincoln menggambarkan bahwa ia adalah seorang yang berasal dari kalangan orang tidak punya (miskin).



     Meskipun demikian Abraham Lincoln tidak menyerah begitu saja. Ia tetap belajar dan bekerja dengan tekun. Kemiskinan bukanlah suatu hal yang menghentikan langkahnya untuk berjalan menuju kesuksesan. Abraham Lincoln menjadikan kemiskinan sebagai alasan untuk meraih sebuah kesuksesan. Apa yang terjadi ketika Abraham Lincoln berusaha terus berjuang mengalahkan kemiskinan. Ia menjadi orang yang dipakai Tuhan untuk menjadi dampak bagi banyak orang bahkan bagi bangsa-bangsa. Nama Abraham Lincoln tetap terkenal sampai hari ini. Di belahan dunia manapun banyak orang yang mengenal Abraham Lincoln.
     Apa yang terjadi pada Abraham Lincoln bisa saja terjadi dalam kehidupan siapa pun. Hari-hari ini ada banyak orang miskin dan orang kaya. Tetapi yang membuat miris adalah banyak orang miskin dari pada orang kaya. Bahkan jumlah orang miskin semakin hari semakin bertambah. Sebenarnya orang miskin memiliki keunikan dan kelebihan dibandingkan dengan orang kaya. Orang kaya dapat menghabiskan harta kekayaannya begitu saja dan orang miskin tidak bisa menghabiskan kekayaannya begitu saja karena memang tidak mempunyai apa-apa untuk dihabiskan. Orang miskin mempunya kelebihan yang sangat luar biasa, yaitu: nekat. Nekat merupakan hal yang besar memulai segala sesuatu. Orang yang memiliki potensi dan sarana-prasarana yang lengkap belum tanpa disertai tekad yang besar tentu tidak akan bisa menghasilkan apa-apa alias zero.  Tetapi orang yang tidak memiliki fasilitas apa pun, kalau ia memiliki tekad atau mau mbonek (istilah plesetan jawa bondo nekad) artinya modal nekat tetu akan bisa berubah menjadi hero.
     Banyak orang-orang sukses yang memulai kesuksesannya dari nol. Artinya tidak menyerah kepada keadaan yang memilukan, melainkan menjadikan keadaan sebagai alasan dan landasan untuk berjuang menuju kepada kesuksesan. Walaupun dalam perjalanan meraih kesuksesan tersebut tidak selalu mulus bahkan akan menjumpai lumpur, lubang ditengah jalan, krikil, duri, panas terik, bahkan badai yang menghalangi proses perjalanan tersebut. Orang-orang yang memulai segala sesuatunya dari nol tadi tidak pernah menyesali keadaan, tetap fokus pada tujuan, berpikir positif, penuh integritas serta menyerahkan segala sesuatunya dan berdoa kepada Tuhan akan apa yang telah terjadi dalam perjalanannya. Orang-orang tersebut akan sampai pada garis finish dan meraih sebuah reward, yaitu kesukesesan. Artinya orang-orang tersebut berhak menyandang gelar pahlawan terutama bagi dirinya sendiri, kemudian keluarga, lingkungan, masyarakat, bahkan bagi bangsa-bangsa di seluruh dunia.

Salam Entrepreneur…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar