Kamis, 07 Februari 2013

KIAT SUKSES MENJARING KONSUMEN


 

  KIAT SUKSES MENJARING KONSUMEN
  Suatu bisnis tidak akan terjadi tanpa dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan konsumen. Suatu bisnis tidak akan berkembang bahkan mengalami kerugian kalau tidak memiliki konsumen. Untuk memiliki konsumen tetap bukan hal yang mudah melainkan diperlukan daya dan upaya untuk menjaring konsumen. Menjaring konsumen merupakan syarat mutlak bagi pelaku bisnis agar tetap survive dan berkembang. Berikut ini penulis akan memaparkan bagaimana cara menjaring konsumen yang efektif.
A Berikan yang terbaik kepada konsumen.
    Pelayanan yang baik merupakan kunci keberhasilan menjaring konsumen. Memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen diperlukan kerja keras dan kerja cerdas. Berikut ini adalah beberapa cara pelayanan yang baik kepada konsumen: Pertama, greeting (senyum, sapa, dan salam) berikan sambutan yang hangat kepada konsumen. Kedua, tanyakan kebutuhan konsumen. Ketiga, tawarkan bantuan kepada konsumen. 
B. Jaga kualitas produk.
    Untuk menjaga kepercayaan antara pelaku bisnis dan konsumen pihak bisnismen harus komitmen menjaga kualitas produknya. Di dalam berbisnis sering kali ada hal-hal yang menyebabkan kenaikan biaya bahan baku, biaya produksi, biaya diotribusi dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut dapat berupa kelangkaan bahan baku, kenaikan harga BBM, kebijakan pemerintah, keadaan politik yang tidak stabil, krisis ekonomi dan lain sebagainya. Tentu saja hal itu akan mempengaruhi biaya produksi dan harga jual produk. Meskipun demikian jangan bertahan pada harga. Pelaku bisnis dapat menaikkan harga tetapi tetap menjaga kualitas produk dan memberikan penjelasan kepada konsumen.
C. Beradaptasi terhadap perubahan.
    Berbicara tentang perubahan perlu di ketahui bahwa tidak ada orang yang sanggup menolak perubahan. Mau tidak mau, suka tidak suka semua orang pasti akan menghadapi perubahan tidak peduli siapa dan dimana orang tersebut . Demikian juga dalam berbisnis kita akan menjumpai perubahan baik itu dalam hal teknologi, pengemasan, pemasaran, maupun kebutuhan konsumen. Perubahan bukanlan sesuatu yang harus dihindari melainkan sesuatu yang harus disiasati. Cara menyiasatinya dalah dengan cara beradaptasi, sehingga bisnis kita tidak hancur tergilas oleh perubahan yang terjadi. Kadang-kadang perubahan dapat membawa bisnis kita ke puncak kejayaan. Dengan demikian bisnis yang kita miliki akan tetap survive dan berkembang. Salam enterpreneur.

2 komentar: