Kamis, 07 Februari 2013

LANGKAH CERDAS MENGELOLA WAKTU

LANGKAH CERDAS MENGELOLA WAKTU
    Waktu merupakan anugerah yang diberikan Tuhan kepada manusia tanpa memandang usia, gender, status sosial, suku, dan bangsa. Setiap manusia diberi porsi waktu yang sama, satu tahun ada dua belas bulan, satu bulan ada empat minggu, satu minggu ada tujuh hari, satu hari ada dua belas jam dan seterusnya. Waktu tidak bisa di simpan layaknya uang,waktu begitu cepat berlalu. Sayangnya banyak orang yang tidak bisa mengelola waktu yang dimilikinya. Sehingga waktu-waktu yang ada terbuang dengan sia-sia. Kalau melihat realita ada orang yang sukses dan ada orang yang gagal itu salah satu faktor penyebabnya terletak pada management waktu.
    Dalam artikel ini penulis akan menguraikan tips managemen waktu secara sederhana. Penulis akan menguraikanya menjadi empat point, yaitu: menentukan skala prioritas, membuat jadwal kegiatan sehari-hari, jangan plin-plan, dan kurangi kebiasaan buruk. Ada pun pembahasannya adalah sebagai berikut.
A. Menentukan skala prioritas.
    Setiap orang memiliki kesibukan masing-masing sesuai dengan status dan profesinya. Namun banyak orang yang tidak bisa mengutamakan prioritas, sehingga tidak dapat memanfaatkan waktu yang ada secara optimal. Maka dari itu diperlukan skala prioritas, sehingga segala aktifitas dapat berjalan berdasarkan urgensinya.
B. Membuat jadwal kegiatan sehari-hari.
    Jadwal kegiatan sehari-hari sangat penting bagi orang yang ingin mengoptimalkan waktunya. Dengan jadwal kegiatan harian kita dapat mengetahui hal apa saja yang akan kita lakukan. Dengan demikian kita tidak menghabiskan waktu hanya untuk memikirkan hal apa saja yang harus kita lakukan. Selain itu kita dapat konsisten terhadap aktifitas yang telah kita rencanakan. Jadwal kegiatan harian dapat disususn secara sederhana sesuai dengan kebutuhan. Tentunya jadwal hariansetiap orang berbeda-beda mengingat kebutuhan setiap pribadi juga berbeda.
C. Jangan plin-plan.
    Plin-plan merupakan sikap yang tidak baik di dalam pengelolaan waktu. Sikap plin-plan dapat menghancurkan banyak hal, baik itu bisnis, pendidikan, masa depan dan lain sebagainya. Maka dari itu kita harus mengganti sikap plin-plan dengan ketegasan. Dengan bersikap tegas dalam mengambil keputusan kita dapat memanfaatkan waktu yang ada dengan baik.
D. Kurangi kebiasaan buruk.
    Banyak orang yang menyia-nyiakan waktu dengan kebiasaan buruk yang tidak produktif, misalnya: ngobrol, melamun, menunda pekerjaan dan lain sebagainya. Kebiasaan-kebiasaan ini dapat merusak planing yang telah ada. Sehingga segala sesuatu yang seharusnya bisa dikerjakan secara maksimal menjadi terkesan asal-asalan.  Dengan demikian hasil yang kita dapatkan akan hancur. Jadi mulai hari ini kita harus meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut. Salam enterpreneur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar